Pendeteksi Kebohongan

Lie Detector atau Polygraph mulai menjadi ngetrend ketika pihak kepolisian mulai menggunakan alat ini untuk memeriksa tersangka Ryan dalam kasus pembunuhan yang dia lakukan. Ketidakkonsistenan Ryan dalam memberikan keterangan-keterangan membuat polisi untuk menggunakan alat pendeteksi kebohongan.

Walaupun diberi nama pendeteksi kebohongan, sesungguhnya alat itu tidak mendeteksi kebohongan. Ia tidak mendiskriminasi kata, mana dusta dan mana yang sebenarnya. Pendeteksi kebohongan hanya menangkap perubahan-perubahan fisiologis seperti percepatan detak jantung, peningkatan suhu tubuh, penimbunan darah akibat pelebaran pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu, dan penambahan tetesan keringat.

Satu teknik sederhana yang mungkin sering dianggap remeh adalah memperhatikan pupil mata orang yang sedang diperiksa. Pupil mata yang membesar diyakini sebagai pertanda adanya proses kerja kognitif yang lebih keras di otak. Dari situlah disimpulkan, individu (khususnya penjahat) yang mengalami pembesaran pupil mata pada saat sedang diinterogasi sebenarnya sedang membangun skema kognitif (baca: kebohongan) di otaknya.

Konsep bahwa apabila seseorang melakukan sebuah kebohongan akan ada efek samping yang terjadi itu sudah lama dipikirkan. Di beberapa belahan dunia lain, di Afrika Barat misalnya, kepada orang-orang yang dicurigai sebagai kriminal diharuskan mengoper telur burung dari satu orang ke lainnya. Apabila seseorang memecahkan telur itu, maka dia dianggap bersalah.

Jaman Cina kuno, terdakwa memegang seggengam nasi lalu ditaruh di depan mulutnya selama persidangan dan pembacaan dakwaan oleh jaksa. Karena saliva (air liur) dianggap akan berkurang apabila kita merasa tegang, nervous, khawatir atau marah, maka ketika pada akhir pembacaan nasi di depan mulut itu menjadi kering, dia dianggap bersalah….simple juga.

Sumpah pocong di Indonesia kayanya juga bisa dianggap sejenis dengan lie detector versi tradisional dan mistis.

Dikutip dari berbagai sumber :
http://www.christian-sugiono.com
http://www.jawapos.com


Web Hosting Murah | Shared Hosting Murah | Registrasi Domain Murah

my tweet

Badge

blog-indonesia.com

instagram

Bercengkrama, 
#instafamily #instakids #instababy #instabanjar #mykeinara #myhanna #like4like #likeforlike Keinara intan & Hanna humaira Penyanyinya 3diva, 
Zufa, Hanna, Intan,

Bintang video klipnya Om Dana,

#lagubanjar #khasbanjar #amparamparpisang Full Team,.
Bersama 3orang anak,
1anak mertua + 2anak kandung.
#instafamily 
#mykeinara 
#myhanna

Menghadiri walimah perkawinan .
.
. .
.
#mykeinara
#holiday 
#manado 
#bunaken
#instamanado 
#indonesia 
#like4like

Blog Stats

  • 82,894 hits

%d bloggers like this: