Membangun WebMessenger dengan openVchat

Chatting, satu kata yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua apalagi bagi maniak internet. Kita bisa saling berkomunikasi dengan orang lewat chat ini, kaya seperti sms.. tapi kalo ini lewat dunia internet. Dan sekarang untuk HP pun sudah tersedia beragam apliksai buat chat, tentunya dengan GPRS atau 3G untuk koneksi internetnya.

Kalo dulu ada IRC yang terkenal, sekarang ada Messenger yang ga kalah dengan IRC. Seperti Yahoo Messenger, aplikasi yang satu ini merupakan alikasi yang wajib bagi maniak internet, kita punya email di Yahoo udah bisa login di YM dech.. Seperti Costumer Service pada web hosting , selain ada telepon untuk pengaduan, sekarang pake YM pun bisa.

Sekarang dah banyak aplikasi chatting seperti tersebut diatas, ada juga chatting langsung lewat web, seperti situs Meebo,Migg33 dan lain sebagainya, dan Yahoo juga punya Web Messenger seperti itu. Jadi kalo ga punya aplikasi Messenger di komputer, langsung chatting lewat web aja..

Iseng-iseng saya coba cari paket installasi web messenger buat aku install di FreeBSD opreka saya, seperti webmessenger Yahoo gitu dech.. Akhirnya ketemu, namanya OpenVchat, ini dikasih tau mas Akbar, :p. Downloadnya disini ni http://sourceforge.net/projects/open-v-chat.

Ready to chat !!!

Filenya berekstensi .zip. Habis aku download aku taruh di directory /home/rody/chat pada FreeBSD oprekan saya. Langsung saya ekstrak.

ns-rody# cd /home/rody/chat/

ns-rody# tar -xjvf openVchat_v1.2p.zip

ns-rody# ls –l

-rwxr-xr-x 1 root wheel 6301 Aug 11 2010 localhost.sql

drwxr-xr-x 4 root wheel 512 Aug 5 2010 openVchat

-rw-r–r– 1 root wheel 208456 Aug 18 23:33 openVchat_v1.2p.zip

-rwxr-xr-x 1 root wheel 631 Aug 12 2010 readme.txt

-rwxr-xr-x 1 root wheel 1308 Aug 14 2010 release.txt

-rwxr-xr-x 1 root wheel 923 Aug 10 2010 upgrade_from_1.1p.sql

Lalu import database dari localhost.sql. Nama default databasenya openvchat. Kemudian konfigurasi pada file /usr/home/rody/chat/coba/openVchat/util/utility.php. Tinggal ganti hal-hal yang berhubungan dengan database seperti hostname, username, password, dan database name.

Oke, setelah itu tinggal taruh direktori openVchat di direktori web server kita. Kalo saya saya taruh di /usr/local/apache2/htdocs/.

Langsung coba http://localhost/openVchat/ langsung ready webmessenger nya..

login page


Web Hosting Murah | Shared Hosting Murah | Registrasi Domain Murah

my tweet

Badge

blog-indonesia.com

instagram

Bercengkrama, 
#instafamily #instakids #instababy #instabanjar #mykeinara #myhanna #like4like #likeforlike Keinara intan & Hanna humaira Penyanyinya 3diva, 
Zufa, Hanna, Intan,

Bintang video klipnya Om Dana,

#lagubanjar #khasbanjar #amparamparpisang Full Team,.
Bersama 3orang anak,
1anak mertua + 2anak kandung.
#instafamily 
#mykeinara 
#myhanna

Menghadiri walimah perkawinan .
.
. .
.
#mykeinara
#holiday 
#manado 
#bunaken
#instamanado 
#indonesia 
#like4like

Blog Stats

  • 82,894 hits

