Review Ramadhan dan Mudik

Rasa-rasanya baru aja kemarin memulai puasa, eh ini udah di pertengahan bulan lebih. Bagaimana dengan puasa kita?? Apakah ada peningkatan kualitas dari hari-hari atau malah mengalami penurunan. Semua kembali kepada individunya masing-masing bagaimana menanggapi bulan ramadhan sebagai bulan yang berbeda dari sebelas bulan sebelumnya. Pada bulan-bulan sebelumnya ga ada yang namanya sholat tarawih, di bulan Ramadhan ada. Pahala ibadah kita pun dilipatgandakan oleh Allah SWT. Nah, apakah kita sudah menyadarinya ?

Bulan Ramadhan adalah bulan ketika manusia dididik untuk menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan. Tujuan yang pastinya adalah agar di dalam diri kita terbentuk pribadi yang mampu menahan diri, menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama, menahan diri dari segala hawa nafsu, menahan diri dari emosi yang kadang-kadang tidak terkendali yang bisa merugikan orang lain. Apakah kita sudah bisa menahan diri ? Yah.. menahan diri di bulan puasa, yang sering malah sebaliknya, waktu berbuka, berbagai hidangan aneka macam sudah disajikan untuk memenuhi kebutuhan yang siangnya tidak terpenuhi, alih-alih menahan diri, yang terjadi malah balas dendam. ho..ho..

Bulan Ramadhan memang sangat cocok bila kita jadikan sebagai refleksi diri dan pergumulan spiritual. Pergumulan spriritual itu di kemas dalam bentuk aktivitas-aktivitas sosial seperti memperbanyak shodaqoh, tadarusan, solat tarawih dan melaksanakan solat malam ( Qiyamul lail ). Dengan semua hal itu pastinya kita akan mendapat nilai plus yang lebih jika kita melaksanakannya dengan penuh ikhlas dan hanya karena Allah SWT. Kembali ke individu masing-masing, apakah kita sudah melakukannya ? ( aku belum… :-p )

Berbicara masalah puasa dan ramadhan, kayaknya kurang pas jika tidak menambahkan unsur mudik di dalamnya. Mudik berasal dari kata udik yang artinya kampung. M + udik = mudik artinya menuju kampung ( hehe.. ). Tradisi mudik merupakan suatu fenomena yang konon katanya hanya terjadi di Indonesia. Setiap tahun, setiap lebaran orang berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing, tentunya dengan biaya yang tidak sedikit.

Mudik memang sudah membudaya di masyarakat Indonesia. Ikatan kekeluargaan dan emosional menjadi pendorong utama berlangsungnya tradisi ini. Motivasi orang mudik adalah berkumpul dengan keluarga, sanak saudara ataupun teman-teman, tapi kadang-kadang ada juga yang ingin menampakkan kesuksesan hidup di perantauan.

Mencari waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga memang sulit apalagi kalo keluarga besar. Ada yang bekerja, ada yang kuliah, ada yang sekolah, yang sama-sama mempunyai kesibukan berbeda. Waktu libur anak SD beda dengan libur kuliah begitu juga dengan libur orang yang bekerja, PNS berbeda liburnya dengan karyawan swasta. Namun pada lebaran semua menjadi sama liburnya, karena sekarang ada istilah libur bersama. Nah.. moment inilah yang bisa dijadikan ajang silaturrahmi, berkumpul bareng bersama keluarga.

OK, Selamat Mudik… Hati-hati…


Web Hosting Murah | Shared Hosting Murah | Registrasi Domain Murah

my tweet

Badge

blog-indonesia.com

instagram

Bercengkrama, 
#instafamily #instakids #instababy #instabanjar #mykeinara #myhanna #like4like #likeforlike Keinara intan & Hanna humaira Penyanyinya 3diva, 
Zufa, Hanna, Intan,

Bintang video klipnya Om Dana,

#lagubanjar #khasbanjar #amparamparpisang Full Team,.
Bersama 3orang anak,
1anak mertua + 2anak kandung.
#instafamily 
#mykeinara 
#myhanna

Menghadiri walimah perkawinan .
.
. .
.
#mykeinara
#holiday 
#manado 
#bunaken
#instamanado 
#indonesia 
#like4like

Blog Stats

  • 82,894 hits

%d bloggers like this: