Lebaran dan Tradisinya

Tidak terasa sudah hampir satu bulan kita menunaikan ibadah puasa. Tentunya banyak perubahan-perubahan yang terjadi pada diri kita, jika kita benar-benar melaksanakannya dengan niat yang ikhlas dan sungguh-sungguh hanya karena Allah SWT. Tanpa niat yang ikhlas, percuma kita melakukan ibadah puasa, percuma jika kita hanya mendapatkan haus dan lapar, padahal di bulan ramadhan ini pahala yang kita peroleh akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Seberapa besar niat kita, seberapa besar keikhlasan kita dan seberapa besar pahala kita hanya Allah yang mengetahui. Hanya Allah yang Maha Tau puasa kita diterima atau tidak.

Ketika kita sudah menunaikan ibadah puasa satu bulan penuh, apa kemudian yang harus kita lakukan untuk menyempurnakannya? Jawabnya adalah Zakat Fitrah. Zakat fitrah adalah suatu yang wajib hukumnya bagi kita kaum muslimin. Sebagai orang yang mampu tentunya diharuskan untuk membayar zakat, ada hak-hak orang lain pada kekayaan kita yang harus kita berikan kepada orang yang tepat.

Ada sebuah tradisi ketika kita akan menyambut Idul Fitri, yaitu belanja. Beli baju baru, sandal baru, pokoknya lengkap dari ujung kepala hingga ujun kaki. Sebuah tradisi yang konsumerisme yang tiba-tiba saja terjadi ketika kita akan menyambut Idul Fitri. Apakah tradisi ini sesuai dengan apa yang diajarkan Islam ?.Nah, ini perlu kita renungkan lagi sesungguhnya Islam mengajarkan kesederhanaan. Tapi yang lebih baik pada saat Lebaran adalah tradisi maaf-memaafkan dan silaturahmi.

Apakah tradisi maaf memaafkan sejalan dengan Al-Quran ?. Jawabnya ya. Meminta maaf merupakan perbuatan yang mulia. Ada sebuah pesan Nabi bahwa setiap manusia pada dasarnya tidak pernah lepas dari kesalahan dan sebaiknya pembuat kesalahan adalah meminta maaf baik kepada manusia maupun kepada Allah SWT. Dengan demikian meminta maaf bisa dijadikan sebagai indikator kemuliaan dan indikator kerendahan hati seseorang.

Tradisi silaturahmi pada saat lebaran memang nuansanya sangat berbeda dengan silaturahmi pada hari-hari biasa. Sanak saudara yang jauh tempat tinggalnya rela datang untuk berkumpul bersama keluarga dan itu tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tapi apalah artinya biaya jika kita tidak dapat berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Ada kepuasan yang berbeda ketika kita dapat berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga apalagi pada saat lebaran.

Selamat Idul Fitri, Minal Aidin Wal faidzin Mohon maaf lahir dan batin…..

Advertisements

Web Hosting Murah | Shared Hosting Murah | Registrasi Domain Murah

my tweet

Badge

blog-indonesia.com

RSS my tumblr

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

instagram

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

Blog Stats

  • 86,452 hits

%d bloggers like this: