Men-disable Sendmail Pada FreeBSD

Kemaren coba belajar bikin mail server menggunakan Qmail sebagai Mail Transfer Agent-nya. Jadi terpaksa harus di-disable dulu service Sendmail-nya. Pertama, aku coba aja edit file /etc/rc.conf, lalu aku tambahkan baris :

sendmail_enable=”NO”

Terus aku coba restart mesin FreeBSD-ku. Tapi setelah aku cek lagi, service sendmail-nya masih berjalan. Coba browsing aja langsung ke Google, akhirnya ketemu yang disini http://www.freebsd.org/doc/en/books/handbook/mail-changingmta.html. Ternyata nggak hanya baris sendmail_enable=”NO” aja yang ditambahkan, tapi ini yang lebih lengkapnya :

sendmail_enable=”NO”
sendmail_submit_enable=”NO”
sendmail_outbound_enable=”NO”
sendmail_msp_queue_enable=”NO”

Aku coba restart FreeBSD-ku, service sendmail-nya udah ke-disable, hehe..

Advertisements

Web Hosting Murah | Shared Hosting Murah | Registrasi Domain Murah

my tweet

Badge

blog-indonesia.com

RSS my tumblr

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

instagram

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

Blog Stats

  • 86,452 hits

%d bloggers like this: